Rekor Penjualan 2022

      Informasi Media. 12 Januari 2023.

      BMW Group Indonesia Sukses Raih Rekor Penjualan 2022.

      Penjualan capai angka 3,742 unit, tertinggi sepanjang 21 tahun perjalanan BMW Group Indonesia.

      Jakarta. Pada tahun 2022, BMW Group Indonesia sukses raih rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah BMW Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2001 dengan 3,742 unit. Raih peningkatan sebesar 21% dibandingkan hasil penjualan tahun sebelumnya (2021) dengan 3,102 unit BMW dan MINI. Pertumbuhan yang sangat signifikan ini merupakan prestasi membanggakan sekaligus buktikan komitmen BMW dan MINI Indonesia sebagai pionir di bidang elektrifikasi kendaraan di Year of Electromobility.

       

      Rekor penjualan tersebut terdiri dari 3,023 unit kendaraan BMW dan 719 unit MINI. Pertumbuhan penjualan sebesar 24.2% (year-on-year) bagi BMW dan 7,5% (year-on-year) bagi MINI. Pencapaian ini juga tandai pertumbuhan positif yang didasari rencana jangka-panjang yang berkesinambungan dan hasil sambutan positif para pelanggan kepada model-model kendaraan terbaru dari BMW dan MINI di Indonesia.

       

      “BMW Group Indonesia raih rekor angka penjualan yang luar biasa pada tahun 2022 dan pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dan mitra strategis kami – sebuah kebanggaan dan awal yang baik untuk tahun 2023. Setelah pandemi COVID-19 yang penuh tantangan untuk industri otomotif Indonesia, BMW Group Indonesia berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan 21% (year-on-year) dan 24.2% untuk brand BMW. Angka penjualan ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah BMW di Indonesia. Keberhasilan ini tunjukkan bahwa brand BMW dan MINI, baik kendaraan maupun ragam layanan premium BMW Group berhasil penuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

      Pertumbuhan luar biasa ini juga didorong oleh rangkaian peluncuran kendaraan terbaru yang menarik – dimulai dengan All-New BMW Seri 2 Gran Coupé yang hadirkan desain provokatif dan teknologi terbaru, diikuti oleh peluncuran BMW X3 serta model kendaraan performa tinggi BMW X3 M dan BMW X4 M, serta masih banyak lagi. Secara total, BMW Indonesia luncurkan 20 model kendaraan terbaru sepanjang 2022, termasuk di dalamnya rangkaian kendaraan listrik: BMW i4 dan BMW iX.

       

      MINI juga tidak kalah menarik dengan berbagai Special Edition mulai dari MINI Resolute hingga MINI Untold dan MINI Electric. BMW Group Indonesia juga hadir semakin dekat dengan pelanggan dengan resmikan ragam diler kendaraan baru BMW seperti misalnya di wilayah Pekanbaru dengan BMW Trans dan BMW MINI Approved Bodyshop BMW Ultima dengan standar BMW Global.

       

      Untuk BMW, penjualan tertinggi adalah sedan BMW paling legendaris – BMW Seri 3 dengan 576 unit, tumbuh 19% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Pencapaian ini tekankan posisinya sebagai ikon kenikmatan berkendara khas BMW. Disusul dengan varian kendaraan BMW X, Sport Activity Vehicle premium favorit di Indonesia dengan BMW X3 (489 unit), pemimpin di segmennya BMW X5 (449 unit) tumbuh 78% dibandingkan periode tahun sebelumnya, dan BMW X1 (392 unit). Sedan bisnis paling sukses, BMW Seri 5 (Sedan dan Touring) hasilkan penjualan sebesar 294 unit. Sedan provokatif rakitan lokal terbaru, BMW 218i Gran Coupé hasilkan angka penjualan 251 unit di tahun pertama peluncurannya.  Penggemar kendaraan performa tinggi dari BMW juga meningkat signifikan, buktikan bahwa BMW M adalah huruf terkuat di dunia dengan total angka untuk BMW M3 dan M4 sebanyak 136 unit. Keberhasilan lainnya juga dicapai oleh kendaraan BMW paling mewah – BMW Seri 7 dengan total penjualan 84 unit, meningkat 29% dari total penjualan tahun lalu.

       

      Sementara itu, MINI dengan keseruan berkendara khas go-kartnya sekali lagi buktikan bahwa ikon desain unik ini tidak pernah gagal untuk menghadirkan senyum di wajah para pelanggannya, dengan catatkan penjualan sebanyak 719 unit kendaraan hingga akhir tahun 2022. MINI Countryman rakitan lokal menjadi model paling populer dan favorit pelanggan dan Indonesia dengan 336 unit, diikuti oleh 260 unit oleh MINI paling legendaris: MINI 3-Door, termasuk di dalamnya MINI Electric yang diluncurkan pada bulan Juni.

       

      “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari karyawan BMW Group Indonesia, seluruh diler BMW dan MINI, pelanggan, penggemar dan tentunya rekan media yang telah berkontribusi dalam mensukseskan perjalanan BMW Group untuk capai rekor penjualan di tahun 2022 ini, respon positif dan antusiasme terhadap brand dan rangkaian kendaraan kami. Sampai jumpa di tahun 2023, BMW Group Indonesia akan terus menghadirkan brand premium terbaik dan pengalaman pelanggan terbaik di industri otomotif Indonesia. Jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) yang luar biasa pada ajang GIIAS 2022, terutama untuk rangkaian kendaraan full listrik dari BMW, tentunya akan berkontribusi secara signifikan kepada rencana berkelanjutan dan jangka-panjang BMW Indonesia,” tutup Ramesh.

       

      Di tahun ini secara total BMW Group Indonesia berhasil luncurkan total 26 model kendaraan, dengan jumlah 20 model BMW dan 6 model MINI.

      1.       BMW 218i Gran Coupé Sport.

      2.      BMW X3 sDrive20i xLine.

      3.      BMW X3 xDrive30i M Sport

      4.      BMW 320i Sport.

      5.      BMW X3M Competition

      6.      BMW X4M Competition

      7.       BMW 530i Touring M Sport

      8.      BMW X4 xDrive30i M Sport

      9.      BMW iX xDrive40 Sport

      10.    BMW i4 eDrive40 M Sport

      11.     BMW 220i Coupé M Sport

      12.    BMW Z4 sDrive30i M Sport

      13.    BMW Z4 M40i

      14.    BMW 840i Coupé M Sport Pro

      15.    BMW 840i Gran Coupé M Sport Pro

      16.    THE 8 X JEFF KOONS

      17.     BMW M4 Edition 50 Jahre

      18.    BMW 320i M Sport

      19.    BMW 330i M Sport Pro

      20.   BMW M4 CSL

       

      Rangkaian kendaraan MINI:

      21.    MINI Electric

      22.   MINI 3-Door Resolute Edition

      23.   MINI 5-Door Resolute Edition

      24.   MINI Cabrio Resolute Edition

      25.   MINI Electric Resolute Edition

      26.   MINI Clubman Untold Edition

       

      Tidak hanya produk terbaru, BMW Group Indonesia juga hadirkan berbagai program finansial premium yang dihadirkan pada saat Auto Show serta BMW Exhibition, mulai dari peluncuran program BMW Bliss serta peluncuran kartu kredit khusus BMW dan MINI hasil kerjasama dengan Maybank. Selain itu di tahun 2022, BMW Group Indonesia bersama mitra strategisnya Allianz Worldwide Partners memperkenalkan penyempurnaan program BMW Roadside Assistance, layanan darurat terintegrasi dari BMW Group Indonesia bagi para pelanggannya.

      Read more

       

      The BMW Group
      BMW Group adalah produsen mobil dan sepeda motor terkemuka di dunia dengan empat merek, yakni BMW, MINI, Rolls-Royce dan BMW Motorrad, dan juga menyediakan layanan keuangan dan mobilitas premium. Jaringan produksi BMW Group terdiri dari 31 fasilitas produksi dan perakitan di 15 negara; perusahaan BMW memiliki jaringan penjualan global di lebih dari 140 negara.

      Pada tahun 2021, BMW Group menjual lebih dari 2,5 juta kendaraan penumpang dan lebih dari 194,000 sepeda motor di seluruh dunia. Laba sebelum pajak untuk tahun buku 2020 mencapai € 5,222 miliar pada pendapatan sebesar € 98,990 miliar. Per tanggal 31 Desember 2020, BMW Group memiliki tenaga kerja sebanyak 120,726 karyawan.

      Keberhasilan BMW Group selalu dibangun di atas pemikiran jangka panjang dan tindakan yang bertanggung jawab. Oleh karena itu perusahaan telah membentuk keberlanjutan ekologi dan sosial di seluruh mata rantai nilai, tanggung jawab produk yang komprehensif, dan komitmen yang jelas untuk melestarikan sumber daya sebagai bagian integral dari strateginya.

      www.bmwgroup.com
      Facebook  : http://www.facebook.com/BMWGroup
      Twitter       : http://twitter.com/BMWGroup
      YouTube    : http://www.youtube.com/BMWGroupView
      Instagram : https://www.instagram.com/bmwgroup
      LinkedIn    : https://www.linkedin.com/company/bmw

      BMW Group Indonesia
      BMW Group Indonesia merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Bayerische Motoren Werke (BMW) AG yang berbasis di Munich, Jerman. Pembentukan anak perusahaan ini pada bulan April 2001 menunjukkan keyakinan BMW Group pada masa depan jangka panjang Indonesia. Kegiatan BMW Group Indonesia meliputi penjualan kendaraan BMW dan MINI, suku cadang dan aksesoris, serta perencanaan menyeluruh untuk penjualan, pemasaran, layanan purnajual, dan kegiatan terkait lainnya di Indonesia. Secara total 25 fasilitas BMW Group Indonesia tersebar di berbagai kota di Indonesia. Model-model tertentu dari BMW Seri 3, BMW Seri 5, BMW Seri 7, BMW X1, BMW X3, BMW X5, BMW X7, dan MINI Countryman dirakit di Indonesia oleh mitra lokal. 


      www.bmw.co.id
      Facebook   : http://www.facebook.com/BMW.Indonesia
      Twitter        : http://twitter.com/BMW_Indonesia
      YouTube     : http://www.youtube.com/BMWIndonesia
      Instagram  : http://www.instagram.com/bmw_indonesia

      Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi: 
      Corporate Communications Department
      Jodie O'tania
      Tel: +62 -21 – 3950 1999
      Mobile: +62-8111534962
      Email: jodie.otania@bmw.co.id

      Josephine Nicole
      Tel: +62 -21 – 3950 1999
      Mobile: +62-813-9878-8721
      Email: josephine.nicole@bmw.co.id

       

      Read more